Internasional – (14), CHINA GUYUR ASEAN DENGAN INVESTASI, BERKAT INDONESIA ?

Internasional – (14), CHINA GUYUR ASEAN DENGAN INVESTASI, BERKAT INDONESIA ?

Istananews.com, Internasional : Presiden China Xi Jinping menyatakan dukungannya pada upaya Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) untuk membangun zona bebas senjata nuklir. “China mendukung upaya ASEAN membangun zona bebas senjata nuklir dan persiapan penandatanganan Protokol Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir di ASEAN sesegera mungkin,” kata Xi saat berbicara sebagai Ketua Konferensi Tingkat Tinggi 30 Tahun Peringatan Kemitraan ASEAN-China melalui video streaming dari Beijing, Senin.

ASEAN yang bebas senjata nuklir sangat krusial bagi keamanan nasional China, apalagi setelah Australia mengungkapkan rencana membangun armada kapal selam nuklir dengan bantuan Inggris dan Amerika Serikat.

Menurut Xi, perdamaian menjadi kepentingan bersama masyarakat di semua negara. “Kami memerlukan dialog daripada konfrontasi, membutuhkan kemitraan daripada aliansi. China dengan tegas menentang hegemonisme dan politik kekuasaan. China tidak akan pernah mencari hegemoni, apalagi menggertak negara-negara kecil,” ujar Xi, yang juga Ketua Komisi Militer Pusat China.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengajukan lima usulan terkait kemitraan China dengan ASEAN pada masa-masa mendatang adalah ; menciptakan perdamaian bersama, menciptakan keamanan bersama, menciptakan kesejahteraan bersama, menciptakan kenyamanan bersama, dan menjalin keakraban bersama.

Presiden Xi telah menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk membangun “perisai kesehatan bersama” di kawasan. diantaranya,

1.Sumbangan  150 juta dosis tambahan vaksin COVID-19 ke negara-negara ASEAN,

2.Dana senilai USD 5 juta (Rp 71,2 miliar) kepada COVID-19 ASEAN Response Fund,

3.Dana USD 1,5 miliar (Rp 21,7 triliun) untuk mendukung ASEAN mengatasi pandemi dan memulihkan perekonomian dalam tiga tahun mendatang

4.Menaikkan nilai impor produk-produk berkualitas dari ASEAN, seperti produk pertanian, hingga mencapai USD 150 miliar (Rp 2,2 kuadriliun) dalam jangka lima tahun mendatang.

Presiden Jokowi saat mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-RRT yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (26/10/2021).

JUST REMIND

Saat KTT ASEAN (10/2021) lalu,  Presiden Jokowi diminta ASEAN sebagai ‘penengah’ konflik Australia-China , beliau menegaskan pentingnya budaya damai (culture of peace), ketimbang perlombaan senjata. Presiden Jokowi juga,mengajak kedua negara untuk sama-sama berkolaborasi dengan ASEAN untuk menjaga stabilitas kawasan,  membangun culture of conflict menjadi culture of peacetrust deficit menjadi strategic trust.

Munculnya AUKUS – pakta militer AS, Inggris & AUstralia “memang menimbulkan kekhawatiran, sehinggga mengajak Australia untuk transparan kepada ASEAN, serta menjalin kemitraan strategis yang komprehensif. Kepada China beliau agar terlibat dalam melindungi perdamaian di kawasan.

‘China memang selalu bikin repot, negara negara yang tidak menyukainya !

Ahahahaha..

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Pesan Istana – (4), ” COME ON, PRESIDEN JOKOWI TELAH TEMBUS DUNIA. KITA MASIH SIBUK DENGAN INLANDER & INFERIOR !? ” | ISTANA NEWS

Pameran Perguruan Tinggi Eropa (EHEF) di Indonesia digelar online, diikuti oleh 100 universitas terkemuka Eropa | ISTANA NEWS

Pesan Istana – (6), “PRESIDEN JOKOWI DIANTARA AUKUS, CHINA, ASEAN & ANGGARAN MILITER YANG MINIM ” | ISTANA NEWS

Denny D. Kustia – Ketum YKIM, “SUKSESKAN KTT G20 BALI & AWASI ANGGARAN RP.108,1 MILYARNYA” | ISTANA NEWS

CHINA MERAPAT KE ASEAN, SIAPA YANG MEGAP MEGAP ? | ISTANA NEWS

1 Trackback / Pingback

  1. MIliter - (42), " JENDERAL ANDIKA , INI PEKERJAAN RUMAH KITA YANG SESUNGGUHNYA " | ISTANA NEWS

Tinggalkan Balasan