RELAWAN JOKOWI MENGUCAPKAN TERIMAKASIH KEPADA PEMUDA PANCASILA

RELAWAN JOKOWI MENGUCAPKAN TERIMAKASIH KEPADA PEMUDA PANCASILA

Istananews.com, Pancasila, Who’s : Kemenangan Presiden Jokowi-KH.Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 lalu yang mencapai > 52%, kami yakini ada andil  KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Japto Soelistyo Soerjosoemarno, S.H. kalau pun tidak tersurat secara langsung.

Kami ingat sekitar Maret 2019 , beliau, Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila – Yapto Soerjosoemarno saat acara deklarasi dukungan Pemuda Pancasila (PP)  kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Kalau pun tidak langsung menyatakan  “Sebenarnya kami tidak mendukung, tapi kami memilih. Yang mendukung beliau adalah partai-partai. Pemuda Pancasila, untuk kemenangan Jokowi di Pilpres 2019, kami adalah pemilihnya,” demikian ‘Bung Japto  di Istora Senayan, Jakarta lalu.

See the source image

Kalau pun tidak tersurat, pastinya, jajaran PP hingga tingkat desa pun ‘memahami’ pesan itu dan jangan kita nafikan peran PP kemudian dalam kemenangan di Pilpres 2019 itu.

Sebelumnya, di acara yang sama, Presiden Jokowi mengatakan. “Jangan sekali-kali, jangan ada yang coba mengganggu ideologi kita Pancasila. Jangan sampai ada yang berani mengganti ideologi kita Pancasila. Saya yakin, yang berani akan berhadapan dengan Pemuda Pancasila. Sekali layar berkembang, jangan main-main. Dan, jika Ideologi Pancasila tidak dijaga dengan baik, Indonesia nasibnya akan sama dengan Afghanistan yang terus mengalami konflik berkepanjangan. Afghanistan punya tujuh suku di sana, dua suku berkonflik sudah 40 tahun belum selesai sampai sekarang. Sementara Indonesia punya 714 suku. Ibu Rula Ghani (ibu negara Afghanistan) menyampaikan, Afghanistan ini negara kaya, setelah konflik dan perang, ada dua yang dirugikan, wanita dan anak-anak. Itulah mengapa Ibu Negara Afghanistan bilang, kalau ada konflik di Indonesia, apalagi konflik agama, segera diselesaikan,” 

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) menyampaikan pidato politik saat Deklarasi Relawan Pemuda Pancasila DKI Jakarta di Istora Senayan Jakarta, Minggu (3/3/2019). Ormas Pemuda Pancasila DKI Jakarta mendeklarasikan dukungannya kepada Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maaruf Amin pada Pilpres mendatang. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

MENGENAL BUNG JAPTO

KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Japto Soelistyo Soerjosoemarno, S.H lahir tgl. 16 Desember 1949, putra pasangan Mayor Jenderal (Purn.) Ir. KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Soetarjo Soerjosoemarno, dan Dolly Zegerius. Sang ayah adalah keturunan ningrat dari Mangkunegaran, yaitu cucu dari Mangkunegara V, yang menamatkan pendidikan topografi dan geodesi-nya di Technische Delft Universiteit, Nederland, sementara sang ibu adalah seorang Belanda  yang pernah menjadi atlet nasional Indonesia dari cabang bridge.

Bung Japto merupakan adik kandung K.R.Ay (Kanjeng Raden Ayu) Marini Soerjosoemarno (Marini)aktris senior Indonesia.

Dolly Zegerius dan Soetarjo Soerjosoemarno menandatangani akta pernikahan di Amsterdam, 30 September 1943.
Foto: dok pribadi Dolly

Dolly dan putranya, Soenarjo, saat tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 1947.
Foto: dok pribadi Dolly

See the source image

Organisasi dan Politik

Bung Japto merupakan salah satu tokoh organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila. Boleh dibilang, dialah satu-satunya tokoh utama organisasi tersebut selama hampir 3 dekade terakhir. Menjabat sebagai Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila sejak Musyawarah Besar Pemuda Pancasila III di Cibubur tahun 1981, dan terus memimpin Pemuda Pancasila hingga saat ini.

See the source image

Pada Musyawarah Besar Pemuda Pancasila IX tahun 2014 di Batu – Malang, Bung Japto kembali dikukuhkan menjadi Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila hingga tahun 2019. Selain aktif di Pemuda Pancasila, Bung Japto juga aktif di organisasi FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI). Didunia politik ia juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Patriot.

Di samping bergelut di dunia politik, Bung Japto juga adalah seorang tokoh penyayang dan pelestarian binatang WWFBung Japto menikah dengan Retno Suciati, kemudian dikaruniai tiga anak. 

Jadi jangan ada yang nafikan andil PP di NKRI ini, juga jangan ada yang nafikan andil PP dalam kemenangan Pilpres 2019 lalu. 

‘Semoga selalu sehat, bung. Amin…

#NKRI HARGA MATI

#PANCASILA ABADI

Bandung, 29 November 2021

KordNas Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013

(AkarJokowi2013)

Arief P.Suwendi

(Foto.ist/Repro)

See the source image

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar Kab. Tasikmalaya Garut – (24), PEMUDA PANCASILA & CAMAT BANTAR KALONG TASIKMALAYA PUN MENDUKUNG REVITALISASI EMBUNG CIBEREUM, KUMAHA GUBERNUR & BUPATI? - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan