Pesan Istana (29), ISTANA NEGARA DI KALTIM, DESAINNYA BIKIN MATA MELOTOT !

Pesan Istana (29),

ISTANA NEGARA DI KALTIM, DESAINNYA BIKIN MATA MELOTOT !

Istananews.com:  Desain final Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Desainer Istana Negara IKN Nyoman Nuarta mengatakan, basic design Istana Negara tersebut telah menjadi desain terakhir yang siap diwujudkan.

Persetujuan basic design Istana Negara IKN oleh Presiden Jokowi diberikan pada saat Nyoman diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempersentasikan desain tersebut, Senin (03/01/2022). Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti. Presiden Jokowi juga meminta Nyoman untuk tetap bersedia membantu pemerintah dalam mewujudkan istana kepresidenan di IKN baru.

 

Dalam proses perancangannya, basic design Istana Garuda mengalami perubahan sampai empat kali, tidak termasuk desain-desain awal yang tidak resmi, ini  terjadi secara evolutif untuk menyesuaikan dengan berbagai aturan serta mewadahi berbagai kepentingan agar benar-benar menjadi istana yang otentik dan modern.

Meski demikian,  revisi tersebut bukanlah masalah, melainkan upaya untuk menyempurnakan agar Istana Negara yang pertama dibangun ini layak menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Pasalnya, istana kepresidenan yang ada saat ini merupakan bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang kemudian diubah fungsinya sebagai istana.

See the source image

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG,

I Nyoman Nuarta (lahir 14 November 1951) adalah pematung Indonesia dan salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (1976). Dia paling dikenal lewat mahakaryanya seperti Patung Fatmawati Soekarno, Patung Garuda Wisnu Kencana (BadungBali), Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), serta Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta). Nyoman Nuarta mendapatkan gelar sarjana seni rupa-nya dari Institut Teknologi Bandung dan hingga kini menetap di Bandung.

Nyoman Nuarta adalah putra keenam dari sembilan bersaudara dari pasangan Wirjamidjana dan Samudra. Nyoman Nuarta tumbuh dalam didikan pamannya, Ketut Dharma Susila, seorang guru seni rupa.

(Red-01/Foto-video.ist)

Lainnya,

Pesan Istana (28), KSP : Karantina Mandiri Bukan Hanya Untuk Pejabat Negara Saja | ISTANA NEWS

Who’s (2): GUNTUR SUKARNOPUTRA 1944 – 2022 (14), WASPADA TERHADAP KUASANYA KERONGKONGAN | ISTANA NEWS

Who’s (3), “Dr. R. Gatot Prio Utomo, S.T., M.T.I – Ketum NU Circle  Tentang Asosiasi Santri Developer Nusantara (ASANU) “ | ISTANA NEWS

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan