DR. Yulianus Henock Sumual – Tokoh Adat Dayak Kaltim & Cagub Kaltim 2023 Pilihan Relawan Jokowi Ini Kirim Salam Untuk Presiden Jokowi

DR. Yulianus Henock Sumual – Tokoh Adat Dayak Kaltim & Cagub Kaltim 2023 Pilihan Relawan Jokowi Ini Kirim Salam Untuk Presiden Jokowi

IstanaNews.com, Kaltim : 

See the source image

Belum saja hujan berhenti, seluler berdering, dari Paul S Buditomo – Jurnalis Istananews.com & Kontributor Koranjokowi.com Prov. Kalimantan. Singkat ceritera Paul sangat mengapresiasi dan mempunyai kebanggaan tersendiri dengan mengenal DR. Yulianus Henock Sumual – Tokoh Daerah dan Adat Dayak Kalimantan Timur  yang sosoknya sangat sederhana.

Diceritakan oleh Paul kemudian, bahwa ‘bang Henock ini berkirim salam kepada Presiden Jokowi atas ditetapkannya mendukung penuh atas dipilihnya Kepala Badan Otorita IKN – Dr. Bambang Susantono dan Dhony Raharjoe, wakil Kabad Otorita IKN

 “Sebagai warga asli Kalimantan Timur, kami, memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah melantik pak Bambang dan pak Dhony pastinya karena mereka memang kredibel, profesional berkinerja bagus, baik didalam dan luar negeri, serta selama ini memiliki track record yang cukup baik,” ucap Yulianus Henoch melalui Paul di Sendawar, Sabtu 12/3/22 siang.

See the source image

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengumumkan bahwa Kalimantan Timur, dan tepatnya di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara  menjadi Ibu Kota Negara baru NKRI (IKN) pada tanggal 28 Agustus 2019. Disusul dengan disahkannya Undang-undang IKN pada tanggal 18 Januari 2022, dimana Pasal 5 UU itu menyebutkan bahwa IKN Nusantara berfungsi sebagai ibu kota NKRI dan Pasal 8 UU menyebutkan bahwa penyelenggara pemerintahan daerah khusus IKN Nusantara adalah Otorita IKN Nusantara.

Kemudian sebagai wujud keseriusan dalam mempercepat persiapan dan proses pembangunan IKN Nusantara Presiden Joko Widodo telah melantik Kepala dan Wakil Badan Otorita yaitu Dr. Bambang Susantono dan Dhony Raharjoe. Dengan terpilihnya kepala dan wakil tersebut diharapkan dapat memenuhi keinginan Presiden Joko Widodo yaitu untuk bekerja dengan cepat dan Profesional.

Masih menurut Paul, ‘bang Henock panggilan akrab Yulianus Henoch ini, adalah aktifis dan Sekretaris Umum Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT), Sekretaris Dewan Pertimbangan Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur (DADKT), Ketua Dewan Pembina Kadin Kalimantan Timur dan Ketua Harian Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Propinsi Kaltim.

‘Bang Henoch berharap ke pada ke-2 pilihan Presiden Jokowi agar dapat merealisasikan apa yang diminta Presiden Jokowi, bekerja secara professional, berkeadilan serta berani all out dalam membangun dan bekerja keras dalam menghadapi tantangan tantangan yang dihadapi kedepan, sehingga target pembangunan IKN dapat terwujud tanpa melupakan andil masyarakat sekitar.

Dan hal yang sangat penting, menurut Henock Kedua pemimpin Otorita IKN Nusantara tersebut harus melibatkan putra daerah seperti yang disinggung Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang membahas IKN di Istana Merdeka. Kamis 10/03/2022

“Presiden Jokowi juga meminta untuk dapat merekrut putra daerah untuk mengisi posisi Deputy di badan Otorita IKN. Sekaligus implementasi keterlibatan SDM lokal dalam rangka mengawal dan meningkatkan efektivitas proses pembangunan IKN, khususnya dalam mengatasi potensi permasalahan yang akan timbul di berbagai elemen masyarakat.” tegas ‘bang Henock  mengingatkan.

See the source image

“Untuk itu kepala badan otorita harus dapat mengakomodir kearifan lokal yang ada dengan melibatkan masyarakat asli Kalimantan Timur di unsur kelembagaan otorita diantaranya mengisi posisi deputi-deputinya” “ sambung pria kelahiran Kutai Barat itu.

‘Bang Henock yang juga Ketua Harian MAKI Kaltim & Dewan Redaksi Koranjokowi.com ini memastikan sebagai orang asli daerah Kaltim pasti akan berkontribusi aktif untuk pembangunan IKN.
 
“Kami juga siap berkontribusi memberikan sumbangan pemikiran positif supaya terwujudnya pembangunan Ibukota Negara Republik Indonesia yg menjadi ikon terbaik di dunia Internasional dengan ttp berpegang pada prinsip prinsip Keadilan Sosial bagi seluruh Warga Negara Republik Indonesia. Salam hormat kami kepada Presiden Jokowi.” Tutup DR. Yulianus Henock Sumual. Demikian Paul S Buditomo menutup pembicaraan kami.

“Siap dan salam juga dari Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013, Koranjokowi.com dan Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) untuk abangda Henoch, tolong bang Paul bisikan kebeliau bahwa kami mendukung beliau menjadi CALON GUBERNUR KALTIM THN.2023-2028, Aamin”

(Paul SB/Red-01/HeruSG-Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Kalimantan (30), DERITA PAK BEGIK DESA PELIMPING KAB, SINTANG. “SIAPA YANG PERDULI !?” – KORAN JOKOWI

DR. Yulianus Henock Sumual – Tokoh Adat Dayak Kaltim & Cagub Kaltim 2023 Pilihan Relawan Jokowi Ini Kirim Salam Untuk Presiden Jokowi – KORAN JOKOWI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan