NEGARA NEGARA PENDUKUNG RUSIA ?

NEGARA NEGARA PENDUKUNG RUSIA ?

See the source image

Istananews.com, Internasional:

Perang antara Rusia dan Ukraina yang sudah berjalan hingga satu bulan ini entah kapan akan berakhir, yang jelas ke-2 nya mempunyai alasan berbeda untuk menyerang dan bertahan.

Dibeberapa sumber dikatakan kekuatan militer Rusia lebih diperhitungkan karena mendapat dukungan dari beberapa sekutu besarnya yaitu :

1. Pakistan

Menjelang invasi Vladimir Putin, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berada di Moskow dalam kunjungan kenegaraan selama dua hari. Bahkan disana Pakistan ikut memaki dunia barat, “Apa pendapatmu tentang kami? Apakah kami budakmu, apa pun yang kamu katakan, kami akan lakukan?,” kata Pakistan ketika diminta menekan Rusia oleh Barat.

Bulan lalu, pria berusia 69 tahun itu angkat bicara setelah 22 diplomat di Islamabad menerbitkan surat bersama yang menyerukan Pemerintah Pakistan untuk bergabung dengan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam mengutuk serangan Rusia. Dan, Pakistan adalah salah satu dari beberapa negara yang abstain dalam pemungutan suara mengenai masalah ini.

2. China

Meskipun China telah berusaha untuk menjauhkan diri dari Rusia dalam beberapa pekan terakhir, itu tidak mengutuk invasi oleh Presiden Putin. Beijing malah menggarisbawahi sikap netralitasnya dan menggambarkan hubungan Tiongkok-Rusia sebagai salah satu “kemitraan strategis”.

Seperti Pakistan, China telah abstain dari dua suara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang agresi Rusia.

See the source image

3. India

India telah menyatakan sanksi yang dijatuhkan oleh Barat bukanlah jawaban atas perang antara Rusia dan Ukraina tetapi mendapat tekanan yang meningkat dari AS untuk mengutuk Presiden Putin.

Tiga minggu lalu, Donald Lu, asisten menteri luar negeri Departemen Luar Negeri AS untuk Biro Urusan Asia Selatan dan Tengah, mengatakan, “Sekarang saatnya (bagi India) untuk lebih menjauhkan diri dari Rusia”. Moskow adalah pemasok senjata terbesar India dan New Delhi menandatangani kesepakatan senilai  USD. 5,43 miliar  untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, pada tahun 2018. Maka India sulit untuk harus bertentangan dengan Putin.

4. Afrika Selatan

Kepemimpinan Kongres Nasional Afrika (ANC) telah jatuh kembali ke dalam persahabatan Perang Dingin dengan Moskow, dengan mantan presiden Jacob Zuma mengeluarkan pernyataan baru-baru ini yang menyebut Presiden Putin “seorang pria yang damai” dan sekutu baratnya sebagai “pengganggu”.

Meskipun Zuma tidak berbicara atas nama Pemerintah, perasaan pro-Rusia diketahui mengalir jauh di dalam partai ANC Afrika Selatan.

5 & 6. Brasil dan Meksiko

Baik Brasil dan Meksiko telah menolak untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia dan menghindari mengutuk invasi tersebut.

Presiden Meksiko Lopez Obrador, seorang populis sayap kiri, mengatakan, “Kami tidak akan melakukan pembalasan ekonomi apa pun karena kami ingin memiliki hubungan baik dengan semua Pemerintah di dunia khususnya Moskow”

APAPUN SEMOGA PERANG RUSIA – UKRAINA SEGERA BERAKHIR ATAS NAMA KEDAMAIAN DI DUNIA, AMIN.

(Red-01/Foto.ist)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan