Temu Kangen IKBA 53 Jakarta Timur(7), ” AKSI MURAL 5393 & COFFEE – 10 SMA 53 !? “

Temu Kangen IKBA 53 Jakarta Timur(7),

” AKSI MURAL 5393 & COFFEE – 10 SMA 53 !? “

Istananews.com, Who’s :

Setelah mendapat ‘restu’  dari Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Alumni SMAN 53 (IKBA53) – Sangap Sidauruk SH (5384) yang otw Bandara Sukarno Hatta menuju kota Medan dan Ketua Panitia Temu Kangen IKBA53 – Sri Wahyuni (5395) yang ada kegiatan kerja di Prov. Banten. Saya, Bogie (5386), Rara (5388), Rahma (5391) dan Piet Baskoro (5392, Sekjen IKBA53) akhirnya bertemu dengan IKBA 53 angkatan 1993 (Budi’Apung, Renno dan Fajar) diruang Kepsek SMAN 53, ibu Dra.Herawati Sihombing,SPd, yang didampingi Wkl.Kepsek – Nemri Manaritonggor &  Mustafid serta Kepala TU- Johanudin.

Sambutan Kepsek & jajarannya kepada kami demikian hangat dan sangat terbuka untuk bersinerji dengan IKBA53, karena beliau meyakini jika kesuksesan sebuah sekolah selain peran para siswa, pengajar, komite, orang tua juga karena peran alumni

Kehadiran kami disana selaku pengurus IKBA 53 & Panitia adalah ‘menemani’ alumni angkatan 1993 yang sedang mempersiapkan hajat #AksiMural5393MasukSMA53, yang direncanakan mulai hari Senin (10/10) mendatang diarea belakang kanan gedung sekolah, space yang diberikan pihak sekolah  3X14 meter persegi itu sebagai langkah awal menuju program lainnya kedepan; Ruangbaca outdoor, mini stage, dsb.

Angkatan 1993 sebelumnya telah membangun Gazebo dengan ukuran 4X10 meter persegi sekitar tahun 2019 lalu yang bermanfaat untuk kegiatan siswa dan alumni hingga saat ini.

Adapun pekerja-seni muralnya adalah Fajar’Blues, yang nama ktp-nya M.Fajar yudiansyah,  alumni angkatan 1993 ini memang sudah punya ‘jam terbang dalam hal seni Mural & grafiti. 

(Bpk.Mustafid, Bpk.Johanudin, Rara 88, Ibu Kepsek, Ibu Nemri, Bogie 86, Rahma 91; Budi 93, Fajar 93, Arief 84, Renno 93 & Piet 92)

Kami juga mendiskusikan atas beberapa hal, yaitu:

1.Panitia Temu Kangen IKBA 53 akan segera menyampaikan undangan sekaligus permohonan sambutan Kepsek dan sumbangan acara OSIS; Tari daerah dan Paduan suara di hari Sabtu, tgl.12 November 2022 mendatang

“Kami mewakili IKBA 53 angkatan thn.1993 sengaja menghadirkan pengurus IKBA 53 yang juga Panitia Temu Kangen mendatang selain silahturahmi dengan pihak sekolah juga keyakinan jika event event mendatang akan lebih sempurna jika dilakukan secara kolektif bersama angkatan alumni lainnya”, tutup Budi ‘Apung selaku Kepala suku 5393.

2.Coffee – Competition Of Fifty Three SMAN 53, adalah reguler event SMAN 53 yang telah dilaksanakan sejak thn.2010 sempat terhenti di tahun 2020 karena Covid 19, saat ini sedang dilakukan pre-event dengan finalized bulan Desember 2022 mendatang dengan peserta selain siswa SMAN 53 juga dari Jabotabek lainnya. Event ini serupa Pensi dengan gelaran aneka lomba seni,olahraga, tekhnology (mobile-legend) dsb

“Tahun ini merupakan event Coffee ke-10, Ketua Panitianya yang juga Ketua MPK – Majelis Perwakilan Kelas adalah Yeskiel kelas-XII, sekolah kita ini sarat potensi enterpreneur”, demikian Piet Baskoro saat menjelaskan di forum ruang Kepsek ini.

Competition Of 53 (@coffee5th) • Instagram foto dan video

Oke, kita kembali ke Mural. Mural berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Murus” yang berarti dinding. Secara luas pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen.

Mural, dalam beberapa sumber disebutkan  sudah ada sejak 31.500 tahun yang lalu tepatnya pada masa prasejarah. Pada masa itu terdapat sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah gua di Lascaux yaitu daerah Selatan Prancis. Mural yang dibuat pada masa prasejarah tersebut menggunakan sari buah sebagai cat air (karena pada masa prasejarah belum ada cat).

Pada masa prasejarah, negara yang paling banyak memiliki lukisan dinding atau mural tidak lain yaitu Prancis. Salah satu mural atau lukisan dinding yang paling terkenal pada saat itu yaitu mural karya Pablo Picasso

See the source image

Pekerja seni Mural terkenal diantaranya ; Marat Morik  (Rusia), Fintan Magee  (Prancis), ARYZ (Jepang) dsb. Di Indonesia , yang saya tahu lebih banyak komunitas misalnya,  JM-Bandung, Pop-ice Jakarta, Serikat Mural Surabaya (SMS), Sikut Skid, Wormo, JM-Bandung, The Popo, PERSAGI – Persatuan Ahli Gambar Indonesia, dsb.

See the source image

See the source image

Dalam beberapa sumber disebut juga Mural bukanlah Grafiti, karena Mural, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], diartikan sebagai lukisan pada dinding.  Adapun Grafiti dalam KBBI,  adalah coretan dalam berbagai bentuk seperti kata, simbol dan lain sebagainya. istilah Grafiti, berasal dari Graffito / Graphein – bahasa Yunani, yang berarti menggores, menggambar atau melukis

Didunia, ada beberapa pekerja/seniman Grafiti sebut saja Banksy (Bristol/Inggris), Boris (Bulgaria/Balkan) dsb di Indonesia dikenal nama Tuts, Darbotz dsb.

See the source image

See the source image

Usai bubaran, diluar halaman sekolah kami pun bertemu dengan Dina Renno (5393), Zoel (5395) & Pam ‘poy’ budi (5393) yang terlambat hadir karena giat lain.

♥♥♥ Al-fatihah untuk para mantan Kepsek, guru, staff & teman teman alumni yang telah mendahului kita menghadap illahi semoga diterima amal ibadahnya dan surga tempatnya,RIP, aamiin yarabil’alamiin.♥♥♥

‘GoodLuck IKBA 5393 !

‘GoodLuck Coffee -10 SMAN 53 !

‘Dont Worry Be Happy …. We’re IKBA53

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

https://sman53jkt.sch.id/?

Temu Kangen IKBA 53 Jaktim, “Jangan rindu. Ini berat. Kau takkan kuat. Biar aku saja !” | ISTANA NEWS

Temu Kangen IKBA 53, “SEMANGAT TOLERANSI ALUMNI & POLUSI JAKTIM 2022 YANG MENGERIKAN !” | ISTANA NEWS

Temu Kangen IKBA 53 Jaktim (3), “SELAIN MENDAG ZULKIFLI HASAN, ADA 43 TIM SQUAD PANITIA YANG MENJAGA AGAR SEKUTU TIDAK MASUK, EHEHEHE” | ISTANA NEWS

Temu Kangen IKBA 53 Jaktim, “INSYA ALLAH MENDAG ZULKIFLI HASAN HADIR “ | ISTANA NEWS

Temu Kangen IKBA 53, “SEMANGAT TOLERANSI ALUMNI & POLUSI JAKTIM 2022 YANG MENGERIKAN !”

Temu Kangen IKBA 53 Jaktim, “INSYA ALLAH MENDAG ZULKIFLI HASAN HADIR “

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan