Women’s International Club Jakarta Kembali Menggelar Bazar Tahunan ke-53

 

Women’s International Club Jakarta Kembali Menggelar Bazar Tahunan ke-53

 

Jakarta, Istananews.com

 

Women’s International Club  (WIC) Jakarta kembali menggelar Bazar Tahunan. Bazar Amal Tahunan WIC tahun 2022 ini berlangsung dengan dengan meriah, digelar di Hotel Grand Sahid Jakarta (20/11/22).

Bazaar Amal Tahunan ke-53 WIC  berlangsung pada 20 Oktober 2022, mulai pukul 09.00 hingga 20.00.

Biasanya digelar di Jakarta Convention Center, Bazar tahun ini berlangsung dalam skala yang lebih kecil di Puri Agung Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya. Bazar ini  menampilkan lebih dari 25 kios kedutaan, berbagai vendor lokal, dan food court internasional. Tiket tersedia di pintu masuk seharga Rp. 25.000 per orang.

Women’s International Club (WIC) memberikan kesempatan kepada wanita dari semua negara untuk bertemu, membina persahabatan, berbagi ide, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang budaya yang berbeda. Dengan komitmen untuk perbaikan sosial dan promosi pendidikan, acara penggalangan dana utama WIC adalah Bazaar Amal Tahunan, dimana  keuntungan bazar akan digunakan untuk mendukung tujuan sosialnya.

Program Kesejahteraan Sosial WIC memberikan bantuan bulanan ke beberapa Panti Asuhan, Panti Jompo, Pusat Penitipan Anak dan Panti Asuhan untuk penyandang cacat mental dan fisik.

Selain itu, WIC juga mengadakan
Program Beasiswa, memberikan beasiswa tahunan kepada Mahasiswa Universitas Negeri.

Sponsor utama bazar ini adalah P.T. Samudera Indonesia Tbk. Mitra medianya adalah S Media dan Now Jakarta.

Di sela sela acara Bazar tahunan WIC ini, Presiden WIC, Nina Handoko, kepada para awak media yang mewawancarainya, menyatakan”Perkumpulan Women’s Club International merupakan organisasi nirlaba yang didirikan 72 tahun yang lalu. Selain kita mengadakan acara pertemuan-pertemuan, silaturahmi, untuk ibu-ibu anggota WIC, -salah satu dari misi kami adalah untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan. Setiap bulan kami membantu panti sosial, panti jompo. Kami membantu beberapa institusi sosial, yayasan-yayasan sosial. Selain itu, kami juga membantu anak-anak mahasiswa, khususnya mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Untuk saat ini beasiswa hanya disalurkan di 3 kampus ini karena wilayah kegiatan kami adalah sekitar Jabodetabek. Kegiatan kami sering dibantu oleh Pemda DKI. Club House kita kan di Gedung Nyi Ageng Serang, daerah Kuningan  Jakarta, difasilitasi oleh Pemda DKI Jakarta.”

Tambah Nina Handoko, “Banyak yang orang bertanya, uang untuk kegiatan dan operasional dari mana? Untuk mendapatkan dana, kita mengadakan Bazar. Kebetulan karena pandemi, sudah 3 tahun kita vakum, tidak mengadakan bazar. Terakhir kita mengadakan bazar tahun 2019. Tadi pagi saya hitung, sudah 1043 hari berlalu sejak bazar terakhir kita vakum.”

Ungkap Nina Handoko lagi dengan semangat, “Yang membedakan bazar WIC dengan bazar-bazar yang lain, adalah karena bazar WIC banyak diisi oleh anggota-anggota kehormatan WIC yang umumnya Istri-istri dari Duta Besar negara sahabat. Tahun ini ada 27 stand dari kedutaan besar, seperti Argentina, Peru, Chile, Jepang, Inggris, Kazakhkaztan, Lithuania, Kroasia dan lain-lain. Ada juga 105 stand niaga, dan 28 stand makanan minuman. Uniknya, tadi pagi, yang menjaga stand-stand kedutaan besar itu adalah istri-istri Duta Besar. Mereka masing-masing membawa produk-produk dari negara masing-masing. Lalu keuntungan dari penjualan barang mereka, mereka berikan kepada WIC. Kemudian, uang yang diberikan kepada WIC, kita salurkan lagi ke institusi-institusi yang lain. Jadi yang membedakan bazar WIC itu karena  kita bekerja sama dengan istri para duta besar negara sahabat. Selain stand kedutaan besar, ada juga stand niaga. Stand niaga tahun ini hanya ada seratusan. Ada juga stand yang menjual pakaian bekas layak pakai dari harga 5000 sampai 20000 Rupiah. Biasanya bazar WIC diadakan di Jakarta Convention Center (JCC),  Kalau bazar di JCC, total stand niaganya bisa mencapai tiga ratusan stand. Sekarang kita mulai bergeliat lagi sehabis pandemi ini. Kita disini semangatnya mengikuti Pemerintah, Recover together, recover stronger. Jadi saat ini kita pelan-pelan mulai menata diri lagi. Kita mulai mengadakan bazar lagi dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.”

“Menariknya, bazar kali ini, sepenuhnya dikerjakan oleh ibu-ibu anggota WIC, semuanya cewek. Mulai dari memasang tenda/booth, menjaga booth, menjaga tiket, dan lain-lain, semuanya dikerjakan ibu-ibu semua.”ungkap Nina Handoko lagi.

“Organisasi kami sudah 72 tahun. Kami berharap pasca pandemi ini, WIC bisa banyak membantu dan berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa. Bisa lebih banyak membantu anak-anak Indonesia, perempuan-perempuan Indonesia melalui program-program yang kami lakukan.”tutup Nina Handoko mengakhiri wawancara singkat dengan para awak media.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan