Jakarta, istananews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perhelatan pemilu yang akan digelar dalam waktu dekat di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pujakesuma. Jokowi lantas bicara pekerjaan besar untuk menjaga keberlanjutan pembangunan.

“Bapak Ibu sekalian yang saya hormati, sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pemilu. Tahun ini ada Pilpres dan Pileg, serta nanti di bulan November akan ada Pilkada, yang ini merupakan sebuah pekerjaan yang sangat besar bagi sebuah negara untuk menjaga agar keberlanjutan pembangunan bisa terus kita jaga,” kata Jokowi dalam Rakornas Pujakesuma, di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/1/2024).

Jokowi mengajak untuk terus menjaga kerukunan dan persatuan di tengah pemilu ini. Dia mewanti-wanti jangan sampai adanya perbedaan pilihan membuat masyarakat tidak saling menyapa.

“Saya mengajak bapak ibu sekalian untuk bersama-sama menjaga kerukunan, menjaga persatuan kita, menjaga keutuhan kita sebagai sebuah bangsa, jangan sampai karena perbedaan pilihan, tidak saling menyapa antartetangga, tidak saling menyapa antarkawan, yang biasanya mau ngomong ini jadi tidak mau ngomong,” ucapnya.

Baca Juga  Basuki Respons Isu Siap Mundur dari Kabinet Jokowi

Jokowi juga meminta agar tidak adanya pembelahan di tengah masyarakat. Terlebih saat para elite sudah makan-makan hingga ngopi bersama, tapi di masyarakat masih tidak akur. Dia menyebut hal itu tidak boleh terjadi.

“Saya kira ini harus kita hindarkan, karena setiap 5 akan ada pemilu, akan ada pemilu, akan ada pemilu. Jangan sampai yang di atas udah makan-makan, sudah ngopi bareng, sudah ngeteh bareng, yang di bawah masih tidak saling bertegur sapa antartetangga itu tidak boleh. setuju?” ucapnya.

Jokowi meminta semua pihak untuk merayakan demokrasi secara damai dan penuh tanggung jawab.

“Kita rayakan pesta demokrasi dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga berlangsung damai, sukses, dan lancar baik pilpres, pileg, dan pilkada nanti,” ucapnya.