Jakarta, Istananews.com – Presiden Joko Widodo( Jokowi) mengucapkan selamat kepada capres no urut 2 Prabowo Subianto usai unggul dalam hasil quick count ataupun hitung kilat Pilpres 2024.

Jokowi mengaku telah berjumpa dengan Prabowo pada Rabu( 14/ 2) malam kemarin. Ada pula dalam pilpres kali ini, Prabowo berpasangan dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

” Telah, selamat, selamat. Ketemu, ketemu langsung telah,” kata Jokowi usai membuka Indonesia International Motor Show( IIMS) di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis( 15/ 2).

Jokowi pula mengatakan pertemuan itu dihadiri 4 orang, tetapi dia enggan membeberkan siapa saja pihak yang diartikan.

Di sisi lain, Jokowi pula berkata hasil quick count ialah tata cara penghitungan ilmiah yang telah dicoba sebagian kali dalam tiap gelaran acara demokrasi.

Tetapi demikian, Jokowi senantiasa memohon warga buat menunggu hasil perhitungan yang nanti hendak di informasikan oleh Komisi Pemilihan Universal( KPU).

Baca Juga  Cak Imin Soal Mahfud Mundur Dari Menko Polhukam

” Hasil penghitungan quick count itu merupakan tata cara penghitungan yang ilmiah. Tetapi apa juga kita wajib menunggu hasil formal dari KPU,” ucap Jokowi.

KPU juga lebih dahulu sudah merilis hasil real count ataupun hitung nyata Pemilu 2024 lewat web resminya.

Informasi per Kamis( 15/ 2) jam 09. 00 Wib dengan 41, 01 persen suara yang masuk, paslon no urut 2 Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding kedua rivalnya.

Prabowo- Gibran unggul dengan 56, 11 persen ataupun 12. 476. 925 suara. Sebaliknya paslon no urut 1 Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar terletak di urutan kedua dengan perolehan 24, 55 persen ataupun 5. 459. 425 suara.

Sedangkan posisi sangat buncit paslon no urut 3 Ganjar Pranowo- Mahfud MD dengan perolehan 19, 34 persen ataupun 4. 300. 835 suara.

Ada pula informasi tersebut diperoleh dari hasil penghitungan suara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara( KPPS) di Tempat Pemungutan Suara( TPS).

Tercatat telah terdapat 337. 602 TPS yang menyerahkan informasinya ke KPU, dari total 823. 236 TPS.

Baca Juga  Ada Apa Ini..?? Hary Tanoe Merapat ke Polda Metro Saat Aiman Diperiksa

Beberapa lembaga survei yang telah terdaftar serta terverifikasi KPU buat hitung kilat ataupun quick count juga merilis informasi yang tidak jauh beda, walaupun perolehan suara yang masuk lebih besar dibanding real count.

Charta Politika misalnya, merilis hasil quick count Pilpres 2024 dengan perolehan suara yang masuk menggapai 98, 40 persen pada hari ini, Kamis( 15/ 2) jam 09. 26 Wib.

Prabowo- Gibran juga masih sama, unggul jauh dibanding 2 paslon yang lain. Mereka mendapatkan suara 57, 79 persen.

Sebaliknya, Anies- Muhaimin mendapatkan 25, 70 persen suara, serta paslon Ganjar- Mahfud sangat buncit dengan raihan suara sebesar 16, 50 persen.