Aceh, Istananews.com – Calon Wakil Presiden no urut 3, Mahfud Md, mengumumkan sudah mempersiapkan pesan pengunduran diri selaku Menko Polhukam. Mahfud berkata hendak menyerahkan pesan itu kepada Presiden Joko Widodo( Jokowi) esok.

” Aku esok hendak menghadap Presiden selaku etika. Jika di Jawa terdapat sebutan tinggal glanggang colong playu, berangkat begitu aku. Aku tidak ingin berangkat begitu saja, tetapi aku dengan penuh kehormatan hendak menghadap kepada Presiden serta hendak mengantarkan permohonan itu,” kata Mahfud dalam kegiatan Tabrak Profesor di Aceh, Rabu( 31/ 1/ 2024).

Mahfud berkata dirinya masih berprofesi selaku Menko Polhukam. Ia mengaku menunggu keputusan dari Jokowi terpaut diterima ataupun tidaknya pengunduran dirinya.

” Hari ini aku mengumumkan hendak mengantarkan pesan formal kepada presiden sepulan dari Aceh esok sore. Jadi aku hingga sore ini sebab tadi baru hendak mengumumkan pesan nanti itu hendak di informasikan ke presiden pesan aku. Nanti setelah itu kita amati perkembangannya kapan pergantiannya kapan pelantikannya bergantung pada hasil pertemuan aku dengan Presiden,” ucap Mahfud.

Baca Juga  Pencegahan Sejak Dini, Polsek Datuk Bandar Razia Rutin Dimalam Hari

Mahfud menarangkan alibi pengunduran dirinya selaku Menko Polhukam. Ia berkata langkah itu wajib diambil supaya pekerjaan Menko Polhukam tidak tersendat dengan aktivitas kampanyenya.

” Aku itu dinaikan oleh Presiden dengan penuh kehormatan. Presiden memanggil aku serta mempercayakan buat mengurus Polhukam, aku pula sangat menghormati dia sehingga aku menerima tugas itu,” ucap Mahfud.

” Saat ini setelah 4, 5 tahun aku merasa sebab aku memiliki opsi politik sendiri di dalam Pemilu hingga aku merasa wajib ke pinggir dahulu supaya tidak mengusik jalannya pemerintahan serta supaya aku pula tidak tersendat pula oleh kebijakan pemerintahan,” sambungnya.

Respons Jokowi soal Rencana Pengunduran Diri Mahfud

Mahfud Md telah mempersiapkan pesan pengunduran diri dari Menko Polhukam. Presiden Joko Widodo( Jokowi) menghargai keputusan itu sebab ialah hak.

” Itu hak serta aku sangat menghargai,” kata Jokowi dalam penjelasan pers, di sela kunjungan kerjanya, di Klaten, Jawa Tengah, hari ini.

Jokowi berkata hingga dikala ini belum menerima pesan pengunduran tersebut.

Baca Juga  Maruarar Sirait Resmi Dukung Prabowo-Gibran

” Hingga detik ini aku belum miliki laporan,” ucapnya.

Jokowi kemudian menanggapi atmosfer kabinet terpaut keputusan Mahfud. Jokowi menekankan kabinet senantiasa solid.

” Sangat solid,” ucapnya.