Tanjungbalai, Istananews.com – Patroli sebagai usaha mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata dengan cara mendatangi, menjelajahi, mengamati, mengawasi, memperhatikan situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan gangguan nyata yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan Kepolisian.
Rabu (24/01/2024)

Dalam Kegiatan Tersebut Dilaksanakan Oleh Personil Polsek Datuk Bandar yaitu Ps. Kanit Binmas Polsek Datuk Bandar Bripka H.S. Situmorang, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pulau Simardan Aipda M. Yusup dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sijambi Bripka Ade Arwan

Kapolres Tanjung Balai AKBP YON EDI WINARA, S.H.,S.I.K.,M.H. melalui Kapolsek Datuk Bandar AKP R. SINAGA.,S.H.,M.H. kegiatan ini salah satu Strategi Patroli Dengan Dialogis diartikan terbuka dan komunikatif. Patroli dialogis diartikan sebagai kegiatan Kepolisian yang mengembangkan pola komunikasi dua arah antara komunikator (petugas Patroli) dan komunikan (masyarakat) untuk saling tukar informasi dan respon dengan substansi pemeliharaan Kamtibmas.

Sasaran kegiatan Patroli dialogis mentargetkan individu atau kelompok masyarakat yang rentan dengan gangguan Kamtibmas. Dalam kegiatan ini, petugas mengumpulkan informasi dari masyarakat melalui proses dialog dengan cara mencatat dan mendokumentasikan bentuk foto, rekaman audio atau rekaman video berbagai informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga  Kapolsek Datuk Bandar Salurkan Bantuan Sembako Untuk Korban Kebakaran

Kapolsek Datuk Bandar AKP R. SINAGA.,S.H.,M.H menerangkan dengan pola mengedepankan Strategi Patroli Dengan Kemitraan dan Kerjasama.

Adapun sasaran Patroli ke tempat kumpul-kumpul anak remaja, warnet, warkop serta di pinggir di jalan tempat anak-anak komunitas berkumpul serta lokasi lokasi yang di anggap rawan adanya gangguan kamtibmas diwilayah hukum Polsek Datuk Bandar.

Dalam kegiatan tidak lupa juga personil Polsek Datuk Bandar memberikan himbauan agar tidak larut malam & kembali ke rumah masing-masing secepat mungkin, hindari gesekan dari komunitas yang lain.

Pendekatan Tupok Polri yang dilakukan petugas Patroli dengan ;Petugas Patroli secara aktif memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Patroli harus mampu meniadakan unsur kesempatan atau peluang bagi anggota masyarakat yang berniat melakukan pelanggaran hukum.