Jakarta, Istananews.com – Sultan Hameng Kubuwono( HB) X merespons penyataan Presiden Joko Widodo( Jokowi) yang menyebut presiden boleh berkampanye serta memihak. Sultan HB X berkata dirinya tidak dalam posisi buat mengomentari.

” Aku ndak memiliki pendapat semacam itu ya kan,” kata Sultan HB X di Kantor Gubernur DIY, Jalur Malioboro, Rabu( 24/ 1/ 2024).

Sultan HB X berkata cuma dapat berpendapat buat dirinya sendiri. Dia tidak mau menjawab statment Jokowi itu.

” Aku dapat pendapat di publik buat diri aku sendiri saja,” ucapnya.

Dikenal, Jokowi mengantarkan perihal itu usai melihat penyerahan pesawat C- 130J A- 1344 Luar biasa Hercules, Helikopter AS- 550 Fennec, serta Helikopter AS- 565 Panther dari Departemen Pertahanan( Kemhan) ke Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara(AU) di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara(AU) Halim, Rabu( 24/ 1/ 2024).

Jokowi bicara presiden boleh kampanye serta memihak dikala ditanya soal menteri yang jadi bagian dari timses paslon capres- cawapres. Jokowi berkata perihal itu ialah hak politik tiap- tiap.

Baca Juga  10 Parpol Tak Lolos DPR Versi Quick Count

” Hak demokrasi, hak politik tiap orang. Tiap menteri sama saja, yang sangat berarti, presiden itu boleh loh kampanye, presiden boleh loh memihak. Boleh,” jawab Jokowi.

” Tetapi yang sangat berarti waktu kampanye tidak boleh memakai sarana negeri. Boleh, kita ini pejabat publik sekalian pejabat politik, masa begini tidak boleh, berpolitik boleh, menteri pula boleh,” tambahnya.